YESUS MENGAJAR BERPUASA YANG BENAR

YESUS MENGAJAR BERPUASA YANG BENAR

Bacaan: Matius 6:16-18

 

Kunci Sukses:
Melatih diri berpuasa dengan benar yaitu tujuan rohani

Memperdalam Akar Iman:
Apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. (Matius 6:16a)

 

Ya, Yesus mengajar murid-muridNya berpuasa. Tuhan Yesus berkata: “Dan apabila kamu berpuasa janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya” (Matius 6:16). Pesan yang disampaikan disini menekankan cara yang benar pada saat berpuasa yaitu sebuah hubungan yang dekat, rahasia dan pribadi dengan Tuhan. Mulai hari ini tanggal 25 September sampai 15 oktober 2023, gereja kita bersepakat untuk melakukan doa puasa. 

Tujuan berpuasa yang sesunggunya adalah untuk perkara-perkara rohnani yang juga akan berdampak ke perkara-perkara jasmani.   

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan waktu melakukan puasa:

  1. Motifasinya yang benar (Matius 6:16)
  2. Merendahkan diri di hadapan Tuhan. Merendahkan dengan berdoa, mengakui dosa-dosa yang sering kita perbuat yang menyebabkan kita tidak bisa taat kepada rencana Tuhan.  Merendahkan diri juga berarti kita menyadari tangan Tuhanlah yang kuat yang mampu meninggikan kita. (2 Tawarikh 20:3)
  3. Untuk menerima perlindungan Tuhan (Ezra 8:21)
  4. Untuk meminta jawaban dari Tuhan, atas apa yang kita doakan agar tidak terhalang oleh pekerjaan si musuh atau iblis (Ezra 8:23)
  5. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan berpuasa (Matius 17:21)

Pada saat berpuasa bersukacitalah secara rohani dengan banyak memuji Tuhan, berdoa dan mengucapkan Firman Tuhan setiap hari. 

Tuhan memberkati.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 37-38; Mazmur 46


Renungan harian lainnya