JANGAN PERNAH MENGELUH

JANGAN PERNAH MENGELUH

Bacaan: Mazmur 107:1-9

 

Kunci Sukses:
Selalu ingat bahwa di padang gurun sekalipun, Dia tetap Allah yang sanggup memelihara dan menyertai.

 

Memperdalam Akar Iman:
Ada orang-orang yang mengembara di padang belantara, jalan ke kota tempat kediaman orang tidak mereka temukan. Mazmur 107:4

 

Berbicara tentang ‘padang gurun’, kita pasti ingat tentang perjalanan bangsa Israel.  Setelah mereka keluar dari Mesir, tempat mereka mengalami penindasan dan perbudakan, Tuhan tidak membawa mereka langsung ke Tanah Perjanjian seperti yang dijanjikan-Nya.

Kehidupan padang gurun adalah kehidupan yang secara manusia penuh dengan kesulitan, kekurangan, tantangan dan penderitaan. Sejauh mata memandang yang tampak adalah padang pasir, panas dan tidak ada perteduhan. Sangat susah mendapatkan makanan maupun air untuk diminum. Hidup dalam tantangan alam dan musuh, seolah-olah tidak ada jalan keluar dan jauh dari pertolongan tangan Tuhan.

Saat berada di padang gurun inilah bangsa Israel tidak pernah berhenti mengomel, mengeluh, bersungut-sungut, dan bahkan menyalahkan Tuhan. Padahal selama menempuh perjalanan di padang gurun itu, Tuhan senantiasa menyatakan kasih dan kebaikan-Nya. Bukankah banyak orang Kristen yang seperti bangsa Israel ini? Meskipun mengalami banyak pertolongan dari Tuhan, terus saja mengomel dan bersungut-sungut.

Kita harus sadar, adakalanya Tuhan izinkan kita melewati masa-masa ”padang gurun”, karena Ia hendak mengajar kita untuk hidup taat dan punya penyerahan diri penuh kepada-Nya. Berhentilah mengeluh dan belajarlah untuk taat, maka pertolongan Tuhan pasti dinyatakan tepat pada waktu-Nya.

Percayalah dibalik setiap masalah dan rasa kecewa yang kita alami, ada rencana Tuhan yang indah, Tuhan akan menunjukkan kasih dan kuasa-Nya. Kiranya kita semua tetap dilindungi dan diberkati Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 22-23; 2 Timotius 1

***


Renungan harian lainnya