TETAP

TETAP

Bacaan: Amsal 20:1-11

 

Kunci Sukses:
Orang yang setia akan mendapat perkenan dari manusia dan dari Tuhan.

Memperdalam Akar Iman:
Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Amsal 20:6

 

Dalam terjemahan BMIK, ayat ini berbunyi demikian: “Banyak orang mengaku dirinya adalah kawan, tetapi yang betul-betul setia, sukar ditemukan.”

Kesetiaan seseorang tidak akan terlihat pada saat keadaan sedang baik-baik saja. Ujian kesetiaan justru datang pada situasi yang sulit. Seorang yang benar-benar setia tidak akan meninggalkan sahabatnya dalam keadaan sesulit apapun, tetapi orang yang tidak setia akan pergi untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Tuhan Yesus adalah teladan yang luar biasa dalam hal kesetiaan. Meskipun dihianati, difitnah, ditinggalkan, bahkan sampai harus mati di kayu salib, Dia tetap setia menjalankan kehendak Bapa di sorga, sampai semua tugas pelayanan-Nya terselesaikan dengan tuntas.

Dalam Matius 25:21, “Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” Sesulit apapun keadaan kita, seberat apapun beban yang dipikul, serumit apapun masalah yang dihadapi, biarlah kita tetap menjadi pribadi yang setia. Setia kepada pasangan, keluarga, pemimpin, pekerjaan, pelayanan, dan terutama kepada Tuhan.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 29-30; Wahyu 14

 

****

 


Renungan harian lainnya