PESAN DARI PALUNGAN

PESAN DARI PALUNGAN

Bacaan: Lukas 2:8-19

 

Kunci Sukses:
Terus setia dalam perkara-perkara kecil, maka Tuhan akan mempercayakan kepada kita perkara-perkara yang besar.

Memperdalam Akar Iman:
Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan. Lukas 2:12

 

Kisah kelahiran Yesus selalu menarik untuk direnungkan karena mengandung banyak sekali pesan Tuhan yang luar biasa. Salah satunya adalah palungan, tempat makanan ternak yang sudah tentu kondisinya kotor dan bau. Selain tentang kesederhanaan, ada pesan lain dari sebuah palungan yang menjadi tempat untuk meletakkan bayi Yesus:

  1. Sebagai tempat makan ternak, keberadaan palungan adalah untuk menjamin kelangsungan hidup ternak-ternak dari yang empunya palungan. Ini berbicara tentang kerelaan untuk yang menjadi saluran berkat Tuhan bagi sesama.
  2. Palungan letaknya di dalam sebuah kandang sehingga tidak terlihat dari luar. Tetapi pemiliknya tahu bahwa palungan selalu ada dan siap dipakai sewaktu-waktu. Ini berbicara tentang kerelaan untuk dipakai Tuhan kapan saja, meskipun tidak dilihat oleh orang lain.

Pada akhirnya palungan dipakai Tuhan untuk suatu pekerjaan besar dan mulia sebagai pembaringan sang Juruselamat dunia. Jika kita bersedia dipakai Tuhan kapan saja dalam hal-hal kecil yang tidak diketahui banyak orang, maka suatu saat Tuhan akan memakai kita untuk pekerjaan-Nya yang mulia dan luar biasa sehingga lewat hidup kita banyak orang akan diberkati  dan nama Tuhan semakin dipermuliakan.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 46-48; Matius 25-26

****


Renungan harian lainnya