MENGHARGAI SESAMA

MENGHARGAI SESAMA

Bacaan: Matius 7:12 -14

 

Kunci Sukses:
Peninggian datangnya dari Tuhan maka hargailah sesama meskipun posisi mereka lebih rendah dari kita

Memperdalam Akar Iman:
“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Matius 7:12

 

Salah satu kebutuhan manusia adalah rasa aman dan penghargaan dari orang lain, demikian juga dengan diri kita masing-masing, kita butuh dihargai oleh orang di lingkungan sekitar kita. Dalam hal menghargai, kita butuh kata ‘saling’. Jika kita ingin dihargai oleh orang lain maka kita juga wajib menghargai orang lain”. Perhatikanlah orang-orang yang menghargai kita, sebenarnya mereka pun ingin mendapat perlakukan yang sama dari kita.

Menghargai orang lain berarti memperlakukannya secara baik dan benar, baik lewat perkataan maupun perbuatan, jangan kasar. Menghargai juga menjadi wujud ketaatan kita kepada Tuhan. Karena itu, hormatilah semua orang tanpa terkecuali karena manusia diciptakan menurut gambar Allah, jadilah seperti padi, semakin berisi akan semakin menunduk. Peninggian datangnya dari Tuhan maka hargailah sesama meskipun posisi mereka lebih rendah dari kita. Amin. Tuhan berkati.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 12-13; Lukas 11

***


Renungan harian lainnya