HATI-HATI DENGAN MAMON

HATI-HATI DENGAN MAMON

Bacaan: Matius 6:19-24, 28:11-15

 

Kunci Sukses:
Hiduplah dalam kebenaran dan kejujuran, maka hidup kita aman, diberkati dan menjadi berkat bagi orang lain.

Memperdalam Akar Iman:
“Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” Matius 6:24

 

 

Setiap manusia pasti membutuhkan uang karena semua kebutuhan harus dibeli dengan uang. Tetapi kita perlu berhati-hati dengan uang, karena uang dapat menjadi tuan yang jahat ataupun hamba yang baik dalam hidup kita. Uang dapat menjadi berkat bagi orang lain, tetapi dapat pula dipakai untuk menghancurkan hidup orang lain.

Seperti kisah dalam Matius 28:11-15, yang mengisahkan tentang serdadu-serdadu yang menyebarkan berita bohong karena mereka disuap oleh tua-tua Mahkamah Agama. Dan akibat kebohongan ini , cerita ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang, dari generasi ke generasi, yang membuat orang-orang Yahudi tidak percaya akan kebangkitan Yesus, sehingga mereka tidak mengalami anugerah keselamatan. Akibat mamon, generasi ke generasi kehilangan keselamatan. 

Karena itu kita harus berhati-hati dengan  mamon, kita harus mengutamakan kebenaran diatas uang, karena Allah menghendaki kita hidup dalam kebenaran. Seperti yang dikatakan dalam Yesaya 33:15-16, “Orang yang hidup dalam kebenaran, yang berbicara dengan jujur, yang menolak untung hasil pemerasan, yang mengebaskan tangannya, supaya jangan menerima suap, yang menutup telinganya, supaya jangan mendengarkan rencana penumpahan darah, yang menutup matanya, supaya jangan melihat kejahatan, dialah seperti orang yang tinggal aman di tempat-tempat tinggi, bentengnya ialah kubu di atas bukit batu; rotinya disediakan, air minumnya terjamin.”

Carilah uang dengan benar/jujur, supaya uang menjadi hamba yang akan kita gunakan untuk  menjadi berkat bagi diri kita dan sesama, supaya kabar keselamatan semakin  tersebar dan banyak orang diselamatkan.

 

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-Raja 20-21; Efesus 3

 

***


Renungan harian lainnya

JERAT
JERAT

December 07, 2023