TEMPAT PENGIRIKAN

TEMPAT PENGIRIKAN

Bacaan: 1 Tawarikh 21:18-30

 

Kunci Sukses:
Jika Tuhan membawa kita ke tempat pengirikan, Dia sedang memurnikan iman kita, mendandani karakter kita.

Memperdalam Akar Iman:
…bahwa Daud harus pergi untuk mendirikan mezbah bagi TUHAN di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu. 1 Tawarikh 21:18

 

Apa maksud Tuhan meminta Daud pergi ke tempat pengirikan Ornan? Hal ini terjadi setelah Daud melakukan perbuatan dosa. Tuhan memerintahkan Daud mendirikan mezbah dan mempersembahkan korban bakaran untuk meminta pengampunan atas kesalahannya. Sebagai tempatnya, Tuhan memilih pengirikan Ornan. Tempat pengirikan adalah tempat para penuai gandum menumbuk untuk memisahkan biji gandum dan sekam. Gandum ditaburkan ke udara dan hembusan angin akan membuang serpihan kulit yang tidak berguna, sedangkan biji gandum jatuh ke lantai untuk kemudian dipungut, dikumpulkan, dan dibawa ke lumbung gandum.

Tempat pengirikan itu dapat menggambarkan proses pemurnian yang Daud alami. Bagaikan sebutir gandum yang ditumbuk dan dihamburkan ke udara, demikianlah Daud yang tercemar oleh dosa diproses agar sekam-sekam dosa itu dipisahkan dari hidupnya. Proses inilah yang memurnikan hidup Daud dari kejahatannya. Untuk mendapatkan sebuah kehidupan yang murni dan berkenan di hadapan Tuhan, masing-masing kita akan beroleh giliran masuk dalam tempat pengirikan Tuhan. Tempat pengirikan itu mungkin berupa pencobaan dan ujian yang dipakai Tuhan untuk menumbuk dan mengguncangkan hidup kita. Ketika kita memahami cara Tuhan dalam memurnikan hidup kita, tentu kita akan belajar mengucap syukur dan memuji Tuhan sekalipun kita dibawa ke tempat pengirikan itu. Sekalipun tempat pengirikan merupakan tempat yang menyakitkan, hal itu berguna untuk memurnikan iman kita dan menjadikan kita indah di mata-Nya.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 4-6; Mazmur 28-29

 

***


Renungan harian lainnya