Pahlawan

Pahlawan

Bacaan: Yoel 3:9-21

Kunci sukses:
Tidak seorangpun terlahir sebagai pahlawan, tetapi setiap orang yang memutuskan untuk berkontribusi positif bagi bangsanya, itulah pahlawan.

Memperdalam akar iman:
“Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: “Aku ini pahlawan!” Yoel 3:10

 

Pahlawan bangsa yang kita kenal saat ini, dulu adalah orang biasa, namun mereka mau mengorbankan hidupnya untuk sebuah tujuan yang lebih besar dari dirinya sendiri. 

Hari ini kita juga dipanggil untuk menjadi seorang pahlawan oleh Tuhan. Kita tidak harus berperang dan mengangkat senjata melawan musuh. Kita dipanggil untuk melakukan perbuatan baik, karena kita telah diperlengkapi oleh Tuhan untuk hal itu (2 Tim 3:17). Untuk mengemban tugas ini, kita tidak dituntut menjadi orang yang luar biasa, bahkan kitab Yoel mengatakan “orang yang tidak berdaya”, bukankah kata itu sangat menggambarkan diri kita? Tetapi yang luar biasa, Yoel meminta kita berkata “aku ini pahlawan!” Ya, itulah jati diri kita, menjadi seorang pahlawan.

Bagaimana caranya? Seperti yang telah dilakukan para pahlawan bangsa ini, mari kita melihat dan peduli dengan apa yang menjadi kebutuhan bangsa ini. Mari kita berjuang untuk menjawab kebutuhan itu dengan apa yang kita bisa, karena Tuhan tidak pernah menuntut sesuatu yang diluar kemampuan kita. Jadi para pahlawan Allah, mari bangkit dan bergerak maju. Menjadi berkat di negeri ini.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 28-29; Mazmu 41

 


Renungan harian lainnya

JERAT
JERAT

December 07, 2023