NASIHAT KETIKA MENGHADAPI MASALAH

NASIHAT KETIKA MENGHADAPI MASALAH

Bacaan: Yeremia 29:1-14

 

Kunci Sukses:
Jangan terpuruk dan putus asa di masa-masa sulit. Percaya dan andalkan Tuhan, Dia akan menuntun kita melewati badai kehidupan.

Memperdalam Akar Iman:
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Yeremia 29:11

 

Saat bangsa Israel berada di pembuangan, yakni di Babel, mereka mengalami masa-masa sulit. Karena itu Yeremia memberikan mereka beberapa nasihat:

  1. Yeremia menyuruh mereka untuk mendirikan rumah untuk ditinggali dan kebun untuk dinikmati hasilnya (ayat 5) agar mereka bisa hidup normal. Sesulit apapun situasi yang kita alami, kita harus bisa tetap hidup secara normal, yaitu tetap beraktifitas dan menjalankan kewajiban dan tanggung jawab kita. Jangan biarkan masa-masa sulit menghentikan langkah hidup kita, karena masa sulit itu pasti akan berlalu.
  2. Tetap peduli dengan sekitar. Pada ayat 7 Yeremia mengingatkan mereka untuk mendoakan dan mengusahakan kesejahteraan Babel tempat di mana mereka berada sekarang. Jangan biarkan kesulitan hidup yang kita alami membuat kita tidak lagi peduli dengan sekitar kita. Ada keluarga, kota dan bangsa yang perlu kita doakan dan usahakan kesejahteraannya.
  3. Di ayat 11, Yeremia mengingatkan mereka bahwa rancangan Tuhan pasti mendatangkan kebaikan. Setiap masalah yang kita hadapi hari-hari ini bukan karena Tuhan senang melihat kita susah, tapi membentuk kita agar rencana-Nya yang penuh damai sejahtera dan harapan bisa tergenapi dalam hidup kita.

Mari umat Tuhan jangan kita terpuruk dalam permasalahan yang kita alami. Tetap lakukan yang terbaik dalam tugas dan tanggung jawab kita, tetap peduli terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar kita, dan jangan berhenti percaya kepada Tuhan bahwa rancangan-Nya adalah yang terbaik buat kita. Tuhan Yesus memberkati.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 36; Ulangan 1;  Yohanes 18

****


Renungan harian lainnya