MENGHITUNG HARI-HARI KEHIDUPAN

MENGHITUNG HARI-HARI KEHIDUPAN

Bacaan: Mazmur 90

 

Kunci Sukses:
Menjadi orang yang lebih bijaksana dengan menghitung hari-hari hidup kita, menyaksikan dan menghidupi kedekatan hubungan kita dengan TUHAN melalui penyertaanNya yang ajaib.

Memperdalam Akar Iman:
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Mazmur 90:12

 

Manusia rata-rata hidup sekitar 60 hingga 70 tahun di dunia. Menurut Alkitab, jika ada yang mencapai umur 80 ke atas, itu sudah merupakan bonus usia yang luar biasa. Rentang waktu 60-70 tahun terdengar begitu banyak dan lama, membuat kita seringkali lupa akan singkatnya kehidupan yang kita jalani. Firman TUHAN pada hari ini mengajak kita kembali mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kehidupan, fokus pada perspektif hidup kita dan belajar untuk menghitung hari-hari hidup kita.

Menghitung hari membuat kita yang seringkali hanya terfokus kepada hal-hal berskala besar, untuk dapat mulai memfokuskan diri ke dalam rincian dan detail kehidupan kita. Dengan menghitung hari, kita bisa belajar untuk selalu bersyukur sebab kita pasti akan mendapati berapa banyak kali TUHAN telah mengintervensi hidup kita demi kebaikan kita. Dengan menghitung hari, kita dapat mengingat dan mensyukuri pertolongan TUHAN yang tidak pernah terlambat, dan penyertaan-Nya yang ajaib di masa-masa sulit. Dengan menghitung hari, kita sekaligus menghitung berkat-berkat Tuhan, kasih dan kebaikan-Nya yang berkelimpahan dalam hidup kita. Dengan menghitung hari, kita dapat mengingat dan belajar dari kesalahan kita, bangkit dari penyesalan, berbalik dari dosa, dan mungkin mengenang rasa sakit yang TUHAN izinkan terjadi dalam hidup kita, dengan tujuan agar kita dapat bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Dengan menghitung hari maka kita juga dapat memperhatikan berbagai karya TUHAN, hingga ke skala yang terkecil sekalipun di dalam hidup kita.

Pada hari ini, marilah kita mengambil langkah untuk menjadi orang yang lebih bijaksana dengan menghitung hari-hari hidup kita, menyaksikan dan menghidupi kedekatan hubungan kita dengan TUHAN melalui penyertaanNya yang ajaib, sehingga hidup kita menjadi hidup yang lebih berarti dan menghasilkan buah-buah bagi kemuliaan Nama Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 18-19; 2 Korintus 8

 


Renungan harian lainnya