MEMBERI

MEMBERI

Bacaan: Amsal 11

 

Kunci Sukses:
Memberi dengan tulus dikenan Tuhan

Memperdalam Akar Iman:
Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan. Siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. Amsal 11:25

 

Kita pasti pernah mendengar istilah “hukum tabur tuai”, bahwa segala sesuatu yang kita lakukan mempunyai akibat (sebab-akibat). Apa yang kita tabur itulah yang kita tuai. Kitab Amsal juga memberikan pengajaran tentang tabur tuai ini, dalam bentuk positif. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan. Siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. Penulis kitab Amsal memberikan petunjuk sederhana bagaimana menjalani kehidupan agar selalu diberkati.

Kita bisa menafsirkan ayat ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalau saya rajin menolong orang, hidup saya akan diberkati. Kalau saya sering membantu orang lain, saya akan menerima kelimpahan. Dan ini memang benar, saat kita membantu orang lain, membagikan berkat yang kita miliki, kita menerima banyak kelimpahan. Bisa dengan perasaan bahagia karena telah membantu orang lain, kepuasan batin, kita juga mudah mendapat bantuan dari orang lain. Atau kelimpahan itu dalam bentuk kesehatan seluruh anggota keluarga, pendidikan yang baik bagi anak-anak, biaya kuliah yang selalu bisa terpenuhi, dan sebagainya.

Saat kita memberi berkat, kita pun akan diberi kelimpahan, itu janji Tuhan. Tetapi, kiranya kita mau bertindak lebih jauh, yaitu dengan motivasi yang benar. Tuhan sudah memberikan saya banyak berkat, maka saya akan membagikan berkat itu juga kepada orang lain. Bukan hanya karena saya ingin mendapatkan lebih banyak berkat lagi. Saya membantu orang lain, karena itulah hal yang benar untuk dilakukan. Bukan hanya karena saya ingin mendapatkan balasan dari siapapun. Selamat memberi dengan tulus. Tuhan memberkati

 

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 13-14; Kisah Rasul 4

 


Renungan harian lainnya