MELAYANI KARENA CINTA

MELAYANI KARENA CINTA

Bacaan: Yohanes 21:15-19

 

Kunci Sukses:
Hanya orang yang sungguh-sungguh cinta Tuhan yang akan bertahan dalam melayani Tuhan, apapun proses yang harus dilaluinya.

Memperdalam Akar Iman:
Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Yohanes 21:17a

 

Sebanyak tiga kali Yesus menanyakan hal yang sama¬† kepada Petrus yaitu apakah Petrus betul-betul mengasihi Dia. Ini menunjukkan keseriusan Yesus untuk mendapatkan jawaban paling jujur dan tulus dari murid yang pernah mengkhianati-Nya. Setelah Petrus menjawab bahwa dia mengasihi Yesus, maka Yesus menjawab, “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Artinya Yesus memberikan sebuah tanggung jawab pelayanan kepada Petrus, bukan saja untuk menjala jiwa, tetapi menggembalakan domba-domba atau jiwa-jiwa yang telah diselamatkan.

Jika direnungkan, alasan mengapa Yesus sampai tiga kali menanyakan hal yang sama kepada Petrus adalah bahwa untuk melayani Tuhan, diperlukan hati yang sungguh-sungguh mengasihi Dia. Dengan kata lain, orang yang ingin melayani Tuhan harus ‘cinta mati’ sama Tuhan. Jika tidak, maka pelayanannya akan terhenti di tengah jalan karena tidak kuat menghadapi proses dalam pelayanan baik itu gesekan dengan rekan pelayan, teguran dari otoritas, kritikan bahkan fitnahan dari orang lain, atau juga tawaran yang menggoda dari dunia sekuler. Seorang pelayan Tuhan harus rela melepaskan kesenangan pribadinya dan siap berkorban secara materi, tenaga, waktu, pikiran, dan yang paling berat adalah korban perasaan. Karena itulah, hanya orang yang sungguh-sungguh cinta Tuhan yang akan bertahan dalam melayani Tuhan, apapun proses yang harus dilaluinya.

Ada penghiburan dari Tuhan bagi setiap pelayan-Nya yang sungguh-sungguh melayani Dia karena cinta. 1 Korintus 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. Jadilah pelayan Tuhan yang setia, yang melayani Tuhan karena didasari cinta yang sungguh-sungguh kepada-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

 

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 20-21; 1 Timotius 6

 


Renungan harian lainnya

JERAT
JERAT

December 07, 2023