IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA

IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA

Bacaan: 1 Yohanes 5:1-5

 

Kunci Sukses:
Mari kita menunjukkan kasih Allah melalui kehidupan kita agar nyata bahwa kita orang-orang yang lahir dari Allah.

Memperdalam Akar Iman:
Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemengangan yang mengalahkan dunia; iman kita. 1 Yohanes 5:4

 

Berbicara tentang mengalahkan berarti ada pertempuran, ada usaha yang dilakukan untuk bisa menang. Rasul Yohanes menuliskan bahwa musuh kita adalah dunia dalam arti keinginan-keinginan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, keinginan yang cenderung jahat di mata Tuhan (1 Yohanes 2:15-16), keegoisan, tidak peduli dengan orang lain, sesuatu yang sangat bertentangan dengan Hukum Tuhan yaitu tidak mengasihi Tuhan dan tidak mengasihi sesama yang sama-sama adalah ciptaan Tuhan.

Untuk menang dari keinginan-keinginan yang cenderung jahat ini diperlukan setidaknya ada dua hal dalam ayat-ayat ini:

  1. Setiap orang percaya harus sadar bahwa dirinya lahir dari Allah (ayat 4), artinya memiliki kuasa untuk mengalahkan dunia, jadi tidak ada alasan untuk dikalahkan oleh dunia.
  2. Setiap orang percaya harus menyadari bahwa yang lahir dari Allah harus mengasihi Allah dan juga yang lahir dari Allah yaitu sesama orang percaya.

Orang percaya adalah orang yang lahir dari Allah, jadi sudah seharusnya mengasihi Allah dan juga sesama, jangan menjadi orang yang egois yang hanya peduli dengan diri sendiri, sebagai orang percaya harus belajar untuk peduli dengan sesama, harus bisa menang dalam peperangan iman yaitu perang melawan keinginan diri sendiri. 

Kepedulian terhadap sesama bukan selalu berbicara tentang materi tapi juga hal-hal lain seperti nasihat, dan juga sikap empati dan apa saja yang bisa kita lakukan yang bisa membuat sesama kita, atau orang di sekitar kita merasa dikasihi dan dipedulikan. Pastikan hidup anda selalu bisa menjadi berkat di manapun anda berada. Tuhan Yesus memberkati.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 23-24; Lukas 17

****

Happy Sunday


Renungan harian lainnya