Bersukacita Karena Yesus

Bersukacita Karena Yesus

Bacaan: Matius 1:18-25

Kunci Sukses:
Allah datang untuk tinggal bersama kita, sehingga kita dapat hidup bersama-Nya.

Memperdalam Akar Iman:
”Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” — yang berarti: Allah menyertai kita.” Matius 1:23

 

Sejak kelahiran Yesus, jaminan bahwa Allah menyertai umat-Nya telah memiliki suatu makna yang baru. Sebelum Yesus lahir, umat Israel telah diyakinkan bahwa sekalipun mengalami penghakiman Allah, mereka dapat memiliki pengharapan karena Allah menyertai mereka (Yesaya 8:8-10). Namun mereka tidak betul-betul mengenal Allah sebagaimana yang kita alami sekarang. 

Kita memiliki banyak keuntungan karena dengan membaca Perjanjian Baru, kita dapat melihat kemuliaan Allah “yang tampak pada wajah Kristus” 2 Korintus 4:6. Dan kita dapat merasakan kehadiran-Nya dalam segala situasi kehidupan karena Dia nyata bagi kita melalui Roh Kudus (Roma 8:10-16).

Ketika kita merasa perlu diyakinkan kembali bahwa Allah menyertai kita, kita berpikir tentang Yesus yang telah dinyatakan dalam Perjanjian Baru. Renungkan bagaimana Dia memeluk anak-anak kecil dalam dekapan-Nya dan memberkati mereka (Mat 19:13-15). Kemudian renungkan penyaliban-Nya, yang mengingatkan kita pada semua yang telah ditanggung-Nya sebagai Juruselamat kita (Mat 27:27-54). Dan akhirnya, renungkan janji-Nya, “Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:20)

Kelahiran Yesus memberikan makna baru yang penting tentang nama Imanuel, yang artinya “Allah menyertai kita” (Mat 1:23). Karena Dia hidup di antara kita, mati bagi kita, dan mengutus Roh-Nya untuk tinggal di dalam kita, maka kita dapat bersukacita!

Bacaan Alkitab Setahun: Amos 4-5; Mazmur 128

 

**********

 


Renungan harian lainnya