BUKTI DARI PERTOBATAN

BUKTI DARI PERTOBATAN

Bacaan: Matius 3:1-12 

Kunci Sukses:
Bukti pertobatan harus disertai dengan tindakan nyata.

Memperdalam Akar Iman:
“Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.” Matius 3:8

Pertobatan itu harus disertai dengan tindakan nyata, tanpa adanya tindakan nyata maka air mata yang kita keluarkan saat mengakui kesalahan di hadapan Tuhan sia-sia atau tidak ada gunanya sama sekali. Hal ini sama seperti orang yang hanya senang mengikuti Kebaktian Kebangunan Rohani lalu saat altar call menangis serta memohon pengampunan kepada Tuhan, tapi saat pulang ke rumah tidak ada perubahan hidup yang pasti. Pertobatannya tidak disertai dengan tindakan yang nyata.

Kita perlu memahami bahwa pertobatan seharusnya melahirkan perubahan hidup yang dapat menghasilkan buah-buah kebenaran, jika perilaku kita tetap sama saja seperti sebelum bertobat itu akan sia-sia. Misalkan seorang ayah yang sudah mengaku bertobat dan berjanji di hadapan Tuhan tidak akan memukul isteri dan anaknya lagi, tapi beberapa hari kemudian ternyata ia memukul isteri dan anaknya kembali. Pertobatan seperti ini bukanlah pertobatan yang sesungguhnya, karena orang-orang yang seperti ini akhirnya tidak mengalami suatu perubahan hidup. Seharusnya bukti pertobatan disertai dengan tindakan yang menghasilkan buah kebenaran.

Jika orang yang tidak sungguh-sungguh bertobat akan mendapatkan konsekuensinya, maka orang yang dengan sungguh-sungguh bertobat akan mendapat berkatnya tersendiri. Bukti pertobatan harus disertai dengan tindakan nyata di dalam bentuk ketaatan hidup kepada Tuhan Yesus.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 5-6; 2 Petrus 1

****

 


Renungan harian lainnya